Jalan Jalan ke Danau kawaguchiko dan Pesona Pemandangan Alam Gunung Fuji

Kalau ketia jalan-jalan ke Jepang khususnya Tokyo ngerasa Tokyo terlalu ramai dan ingin merasakan wisata alam di daerah Tokyo, mungkin jalan-jalan ke Danau Kawaguchiko merupakan salah satu kegiatan yang bisa dilakukan. Dengan perjalanan selama kurang lebih dua jam dari Tokyo, kita bisa dapet pemandangan alam dan hawa yang sejuk di pinggiran Tokyo.

Menuju Danau Kawaguchiko Dengan Bus

ke danau kawaguchiko dengan naik bus
Naik Bus ke Kawaguchiko via Shinjuku Station

Saya memutuskan untuk menggunakan Bus untuk menuju Danau Kawaguchiko. Bus berangkat dari Terminal Shinjuku yang bertempat tepat berseberangan dengan Statsiun Shinjuku. Setelah masuk area Terminal, langsung naik ke lantai tiga terminal dan disitu akan ada ruangan untuk pemesanan tiket dan ruang tunggu bus. Tiket bisa dipesan untuk single trip atau round trip. Harga tiket untuk sekali perjalanan adalah 2000 yen per orang. Setelah membeli tiket round trip, saya menunggu bus yang datang di ruang tunggu. Suasana terminal Shinjuku ini sangat tertata, rapi dan bersih. Bus yang kita naikin pun lucu banget karena gambarnya anime.

anime themed bus

Sebelum naik kita ditawarin kalo ada barang yang bisa ditaruh di bagasi bawah bus, karena saat itu saya bawa stroller, akhirnya stroller dititipin di bawah bagasi dan tas punggung tetep di bawa ke dalem. Di dalam bus si supir bakalan ngejelasin rute, kondisi jalanan dan perkiraan sampai dengan bahasa jepang tanpa bahasa inggris. Jadi kebanyakan supir bus di Jepang beroperasi tanpa kenek, jadi mereka yang nyetir, mereka yang ngangkatin koper penumpang ke bagasi bus dan mereka juga yang ngasih-ngasih pengumuman via mic ke penumpang.

travelling ke danau kawaguchiko
pemandangan menuju danau kawaguchiko

Ini sebenarnya kali kedua saya main ke area gunung Fuji, sebelumnya saya pernah jalan-jalan ke Hakone, dan yah, kedua-duanya saya ga dapet pemandangan gunung Fuji yang clear karena cuaca yang mendung dan tidak mendukung. ketika kita sampe di stasiun Kawaguchiko, cuaca mendung dan beberapa kali hujan. karena cuaca yang ga bersahabat, akhirnya saya memutuskan ga beli Mount Fuji pass bus (tiket yang bisa digunakan untuk semua jalur bus di area kawaguchiko) dan memutuskan kita cuma main di area danau Kawaguchiko saja (tidak mengunjungi empat danau yang lain).

Danau Kawaguchiko

travelling ke danau kawaguchiko jepang
Kawaguchiko termasuk dalam fuji hakone izu national park

Area di Kawaguchiko dicover oleh transportasi berupa Bus yang dibagi menjadi tiga jalur (merah, biru dan hijau). Masing-masing jalur akan membawa kamu ke arah dan area yang berbeda di  area Five Fuji Lakes ini. Kalau kamu mau mengunjungi eksplore area danau kawaguchiko dan empat danau lainnya, kamu bisa beli Mount Fuji Pass yang bisa dipakai ke seluruh jalur bus.

Kita menuju danau kawaguchiko dengan jalan kaki dari terminal kawaguchiko, karena selain ga terlalu jauh, bisa sambil lihat-lihat rumah penduduk di sekitar. Beberapa kali berhenti di mini market untuk beli kopi, karena cuacanya sangat mendukung buat disambi ngopi. Ketika sampai di danau, kita disambut cuaca yang agak mendung, plusnya cuaca jadi semakin dignin dan jadi enak dipakai duduk-duduk santai sambil mata menikmati pemandangan danau.

Naik Wahana Kereta Gantung Kawaguchiko Rope Way

kawaguchiko ropeway experience

Setelah puas duduk-duduk sambil ngistirahatin kaki, selanjutnya kita menuju wahana kereta gantung (kawaguchiko ropeway / kachi kachi ropeway) yang terletak tidak jauh dari danau. Kita naik kereta gantung dari area danau sampai ke puncak bukit. Di dalam box kereta gantungnya ketika dalam perjalanan naik, diceritakan legenda kelinci dan musang kawaguchiko dalam audio bahasa jepang. Tak heran spot di atas pun banyak patung kelinci dan musang. Pemandangan dari atas sini sangat bagus, namun lagi-lagi karena sedang mendung jadi terkadang turun hujan dan kami harus meneduh.

kawaguchiko lake experience

gantungan permohonan

Expolre Area Danau Kawaguchiko

Selesai menikmati puncak, kita lanjut menyusuri area danau, sebenarnya banyak museum dan tempat yang bisa dikunjungi namun saat itu suasana sepi karena hujan, jadi kita jalan-jalan saja santai. Mendung semakin gelap dan hujan jadi semakin sering.

travelling ke danau kawaguchiko jepang
Nongkrong di pinggir danau kawaguchiko

Karena kita ga prepare cuaca hujan, kita ga bawa jas hujan ataupun payung sehingga mau tidak mau ketika turun hujan kadang kita berhenti berteduh di depan toko atau rumah. Bahkan kita sempet dikasih jas hujan plastik tipis gitu sama traveller lain yang kebetulan lewat buat dikasihin ke anak, tapi pada saat itu anak juga lagi rewel malah ga mau make jas hujan dan maunya hujan-hujanan.

suasana habis hujan di kawaguchiko

Karena bawa balita juga kita jadi ga bisa nerobos hujan. Ketika hujan sedikit reda, kita memutuskan untuk sambil jalan balik ke stasiun Kawaguchiko sambil sedikit berhujan hujanan karena memang masih sedikit gerimis. Disinilah saya kembali merasakan baiknya orang Jepang, melihat kita jalan sambil dorong stroller di tengah gerimis hujan, ada nenek-nenek bawa mobil yang menghampiri kami (mobilnya sampe ngepot pula) dan ngasih tumpangan kami ke terminal, padahal terminalnya juga udah deket. Malah kita yang bengong karena ditolongin segala hahaha.

Pulang Kembali Ke Tokyo dari Stasiun Kawaguchiko

Pukul 18.30 kita balik lagi ke tokyo dengan bus ekspress Kawaguchiko - Shinjuku. Sepanjang perjalanan cuaca hujan lebat. dan benar, ketika sampai ke Terminal Shinjuku, kondisi jalanan terlihat basah karena hujan lebat. Namun langit masih mendung dan bergemuruh. Saat pulang saya bersyukur memutuskan ga pulang terlalu malam, karena setelah sampe sampai asakusa, angin tiba-tiba bertiup kecang dan kita buru-buru pulang ke hotel. Setelah masuk hotel,langsung turun hujan lebat dan angin semakin kencang. BADAI. kita hampir terjebak badai di Tokyo. September memang masih ada sisa-sisa badai, namun untungnya kita udah masuk hotel. sepanjang malam saya cek berita di tv tentang badai dan grup traveler di facebook pun juga banyak yang posting terjebak badai di bandara dan terpaksa menginap di bandara karena akses transportasi publik harus berhenti. Akhirnya malam itu saya tidur agak larut karena saya bengong memandang jendela yang basah dan bersuara ribut karena lebatnya hujan dan kencangnya angin di luar,

jangan lupa icipin fuji gelato si stasiun kawaguchiko

Demikian pengalaman saya jalan-jalan ke Danau Kawaguchiko, semoga bisa jadi masukan atau refrensi buat kalian yang mau membuat itinerary jalan-jalan ke Jepang atau bacaan buat kamu yang mau jalan-jalan ke Danau Kawaguchiko.
taorent
taorent traveller paruh waktu, geek full time

2 comments for "Jalan Jalan ke Danau kawaguchiko dan Pesona Pemandangan Alam Gunung Fuji"

Comment Author Avatar
Halo kak, salam kenal, mau nanya, beli tiket busnya bisa langsung aja ya, gak perlu pesan sehari sebelumnya?
Halo ervita, terima kasih sudah mampir.
Untuk pembelian tiket bus bisa langsung di stasiunnya kok.